Pages

Thursday, June 10, 2010

konektor N

Teknik penyambungan dengan connector N.
1. potong outer dan isolator pembungkus inner dengan ukuran secukupnya dimana pembungkus inner (isolator) bisa masuk ke konektor. Dengan cara yang sama pada langkah 8 pada artkel sebelumnya yakni Teknik Penyambungan Connector N to Cable, cabut isolator tersebut.

langkah 3


2. Rapihkan kabel serabutnya jangan sampai ada yang memungkinkan untuk short. Lali bagian inner dioleskan pasta terlebih dahulu. Kemudian solder bagain inner tersebut agar lebih rapih dan kuat. Diusahakan jangan terlalu tebal sehingga sulit untuk dimasukkan ke lubang komponen konektor selanjutnya.

4
3. Kemudian masukkan komponen bagian bawah konektor tersebut terlebih dahulu. (jangan sampai dilupakan). Lalu masukkan komponen bagian atasnya lalu putar searah jarum jam sampai komponen tersebut benar-benar kuat menempel. Gunakan pula alat bantu seperti tang untuk memutarnya.



5
4. Jika sudahbenar-benar kuat. Langkah selanjutnya periksa dengan menggunakan AVO meter apakah ada yang short atau tidak. Jika sudah benar-benar tidak ada yang short langkah selanjtnya adalah menyolder ujung dari jarum tersebut. Usahakan penyolderannya merata tidak mengenai bagian luar dari jarum tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

6
5. Maka hasilnya adalah seperti yang terlihat pada gambar dib awah ini.

DSC00394

Kesimpulan
Berdasarkan praktikum yang telah kami lakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa untuk melakukan penyambungan konektor-konektor RF atau yang bekerja di frekuensi tinggi tidak sembarang sambung perlu teknik dan cara khusus untuk menyambungkannya supaya penyambungan antara konektor dan kabel bisa berfungsi sebagimana mestinya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment